Cara Sideload Android Apps di BlackBerry 10 via Windows PC

Cara Sideload Android Apps di BlackBerry 10 via Windows PC


Cara Sideload Android Apps di BlackBerry 10 via Windows PC


Cara Sideload Android Apps di BlackBerry 10 via Windows PC
BlackBerry memberikan kemudahan bagi developer Android untuk porting aplikasi mereka ke BlackBerry 10 tanpa harus membuat aplikasi baru. Seperti konversi file menjadi file lain yang support BlackBerry 10, proses sideloading aplikasi Android ke BlackBerry 10 bisa Anda lakukan via komputer Mac atau Windows. Di sini Anda bisa ikuti step demi step cara sideload aplikasi Android ke BlackBerry 10 melalui komputer Windows. Caranya sangat mudah sehingga bagi pengguna pemula-pun bisa melakukannya.

1. Download dan install versi Java JRE yang sesuai komputer Windows Anda:
2. Download dan install DDPB

3. Setelah DDPB terinstall, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
1. Di BlackBerry 10 device, buka Settings dengan cara swiping down dari bagian atas Homescreen
2. Buka Security and Privacy > Development Mode
3. Pindah ‘Use Development Mode’ ke posisi ON. Jika ponsel BlackBerry 10 Anda tidak memiliki password lock, masukkan password baru saat diminta.
4. Kembalilah ke Settings > About lalu pilih kategori Network dari slide-down menu
5. Catat momor IPv4, misal: 192.168.1.101
6. Jalankan DDPB Installer di PC lalu masukkan nomor IPv4 ke bagian ‘PlayBook IP Adress’ bersama device password yang sebelumnya telah Anda masukkan di BlackBerry 10 device.
7. Klik ‘Connect’ dan ponsel BlackBerry Anda akan terkoneksi ke DDPB Installer. Jika ada pemberitahuan error, silakan cek ulang IP yang Anda masukkan tadi.
8. Klik pada ‘Add’ dan pilihlah file Android yang telah terkonversi dan telah Anda download. Cawang pada apps yang ada dalam daftar lalu klik ‘Install’
9. Sebuah window akan muncul dan menunjukkan proses instalasi. Setelah selesai maka aplikasi Android yang anda inginkan telah terinstall di BB10 device.
10. Sekarang kembalilah ke Security and Privacy > Development Mode dan matikan (OFF) development mode. Hapus password jika Anda tidak menginginkannya. Lakukan melalui Security and Privacy > Device Password.

Jika keseluruhan langkah di atas Anda lakukan dengan benar maka aplikasi Android yang Anda maksud telah terinstall di perangkat BlackBerry 10 Anda. DDPB akan memberitahukan melalui sebuah notifikasi bahwa aplikasi tersebut telah terinstall. Silakan cek di di screen BlackBerry 10 handset Anda untuk memastikan.

TIPS: Anda tidak bisa install file Android .apk secara langsung. Untuk itu Anda harus mengkonversinya terlebih dahulu menjadi file .BAR, bisa dilakukan secara online melalui situs http://apk2bar.unker.net/

Source



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Didts, Published at 12:54 PM and have 1 comments

Find Us Facebook